Ernesto Valverde : Ousmane Dembele Harus Banyak Berlatih!

Ousmane Dembele

Ernesto Valverde yang merupakan pelatih Barcelona mengungkapkan akan bersabar dengan keadaan Ousmane Dembele yang akan kembali berjuang dengan timnya setelah sudah satu bulan ini menghilang karena cedera yang dialaminya.

Sepak terjang Dembele selama di Barcelona memang tidak mulus. Semenjak menjadi pemain Barca yang dibeli dari Borussia Dortmund pada Agustus 2017 lalu. Pemain timnas Prancis tersebut hanya bermain di 24 laga untuk semua kompetisi di musim debutnya karena dibekap cedera. Akan tetapi, Dembele sudah bermain dalam 38 laga selama musim ini walau masih saja tidak dalam keadaan bugar.

Pemain muda ini kembali tampil memperkuat Barcelona ketika timnya meraih hasil seri 0-0 dalam laga kontra Huesca, pada pertengahan April kemarin. Dembele juga masih tercatat dalam susunan pemain di Barca dalam laga berhadapan dengan Real Sociedad di penghujung minggu yang lalu. Ketika dirinya berada dalam performa sulit karena kondisinya, Ernesto Valverde sulit memberi dukungan dengan tetap menjaganya untuk berada di tim inti.

“Dia bermain di laga liga keduanya sejak dapat berada dalam kondisi yang lebih baik. Namun, dia masih harus berlatih dengan keras untuk tiap permainannya. Dia berada dalam kondisi yang berbeda sebelum mengalami keadaan buruk. Anda dapat melewati banyak laga sebelum kembali berada di posisi terbaik Anda. Kita akan lihat perkembangannya,” tambahnya.

Ernesto Valverde

Selanjutnya, pelatih Barcelona ini memaparkan jika dirinya sejatinya sudah memberi penawaran untuk permainan cepat, dan jika para tim tampil dalam tempo tinggi, Dembele bisa tampil dengan baik ketika berusaha mengatasinya. “Kami dapat menggunakan kesempatan tersebut, dia juga tampil apik saat berhadapan dengan satu lawan satu,” ujar Valverde.

Dembele serta Philippe Coutinho sendiri berada dalam kondisi yang kurang baik dan selalu menjadi korban beragam kritikan selama menjalani karir di Barca. Valverde mengungkapkan jika semua pemain memang harus dapat berjuang dan memiliki mental kuat demi mendapatkan posisi yang mereka inginkan di line-upnya.

“Semua pemain berada dalam kondisi yang sama, tidak ada yang berbeda. Kadang tampil dengan baik, kadang dengan timnya melakukan permainan. Hal tersebut begitu normal di tiap klub, tidak hanya bersama saya. Tiap pemain di tim ini harus berjuang mendapatkan posisi tepat untuk mereka, penampilan apik dan tampil dengan hasil baik adalah tujuan semua pemain,” ucap pelatih berumur 55 tahun tersebut.

 Akan tetapi, ada satu pemain yang menarik perhatian Ernesto Valverde. Dia adalah Arthur Melo. Pemain dari Brasil tersebut dinilai dapat melakukan perubahan baik dan bermain dengan apik sebagai bagian dari tim inti setelah dia baru menjadi pemain Barcelona yang dibeli dari Gremio pada awal musim.